Sabtu, 10 Juli 2010

Final Laga Belanda vs Spanyol

·

Final Piala Dunia 2010 mempertemukan dua tim kuat Eropa, yakni Belanda vs Spanyol. Duel Belanda vs Spanyol kali ini bakal menyuguhkan perang di lini tengah. Kedua tim sama-sama bertumpu pada kreativitas midfieldernya dalam membongkar pertahanan lawan.

Kebetulan pula sejak awal keduanya selalu mengendalikan permainan. Hal ini terlihat dari penguasaan bola yang selalu unggul dari lawan-lawannya. Hingga babak semifinal, De Oranje rata-rata sanggup menguasai bola sebanyak 54 persen sedangkan Spanyol 58 persen.

"Kami bermain pragmatis, tak banyak ruang untuk total football. Tapi kami tetap mengutamakan penguasaan bola. Bisa menguasai permainan sama saja menguasai lawan dan itu tugas lini tengah,” ujar pelatih De Oranje, Bert van Merwijk.

Melawan La Furia Roja yang bisa disebut master dalam penguasaan bola, Van Marwijk tak akan meninggalkan gaya tersebut. Dia yakin barisan gelandang miliknya sanggup mengimbangi permainan tiki-taka khas Spanyol.

"Kami hanya negara kecil, tapi sekarang kami berada di final setelah 32 tahun menunggu. Mari selesaikan misi ini dengan percaya diri," imbuh van Marwijk.

"Kami hanya butuh satu kemenangan lagi untuk mencapai tangga juara. Beberapa waktu lalu, aku kehilangan momen besar di tingkat klub. Sekarang, aku tak akan membiarkan itu terjadi lagi," ucap midfileder Arjen Robben.

Trio gelandang kreatif De Oranje, Robben, Sneijder, dan Kuyt yang dibantu dua breaker, Nigel de Jong dan Mark van Bommel bakal beradu kepintaran dalam menguasai lini tengah dengan gelandang-gelandang La Furia Roja yang diisi Sergio Busquets, Xabi Alonso, Xavi Hernandez, dan Andres Iniesta.

(blnet)

red: Didik Trio MarsidiSumber:




Jakarta, RMOL. Bagi Pelatih tim nasional Belanda, Bert van Marwijk pertandingan final Piala Dunia 2010 adalah momentum untuk merealisasi misi yang diembannya, menjadi juara dunia sepak bola.

Dari berita-berita yang dilansir berbagai media, dengan jelas digambarkan, kedua Pelatih Belanda dan Spanyol tersebut telah mempelajari dengan baik permainan lawan. Dalam pembentukan sebuah tim yang handal, Bert van Marwijk menyerukan kepada anak-anak asuhannya untuk bermain bola sebagaimana tim nasional sepak bola Spanyol atau tim klub Barcelona. 

“Tim nasional Spanyol bermain dalam semangat yang dimiliki tim klub Barcelona,” jelas Van Marwijk dalam sebuah pers konferensi, yang dihadiri oleh lebih dari 300 wartawan dan 70 regu kamerawan.

Spanyol dan Barcelona dalam tahun-tahun terakhir ini, menurut Van Marwijk, bermain sangat baik, sehingga saat ini mereka layak dijadikan contoh bagi tim sepakbola nasional Belanda.  

“Dalam Piala Dunia kali ini, Spanyol bukan saja bermain baik, tetapi juga sangat menarik. Oleh karena itu, kami sangat respek terhadap tim Spanyol,” ujar Van Marwijk, pelatih Oranye tersebut.

Andres Iniesta dan Xavi, masih menurut Van Marwijck, adalah nyawa permainan Spanyol. Kedua pemain tersebut, bisa memberikan kombinasi serangan dan menentukan ritme permainan dalam pertandingan.

"Mereka menjaga dan menguasai bola yang lama di lapangan, dan merekalah yang memberikan umpan yang jitu kepada penyerang David Villa," lanjutnya.

Pemain tengah tim Oranye Mark van Bommel dan Nigel de Jong sudah diperingatkan tentang permainan mereka.

"Kami akan berjuang sepenuhnya dan mempertunjukkan permainan yang benar-benar baik guna memenangkan pertandingan final melawan tim Spanyol," pungkasnya. [arp]


0 komentar: